• PRAMUKA SMAN 1 KEDUNGWUNI
  • TARUNA SEDIA BHAKTITAMA

SKETSA PANORAMA

I. PENDAHULUAN

Dalam melakukan perjalanan di alam terbuka seringkali dijumpai pemandangan yang menarik untuk diabadaikan. Bila kamera tidak ada, maka cara yang digunakan dalam kegiatan Kepramukaan adalah dengan membuat Sketsa Panorama. Biasanya Sketsa Panorama dilampirkan dalam pembuatan laporan perjalanan bersama dengan Peta Pita.

II. PERALATAN YANG DIPERLUKAN

  1. Kertas gambar (dapat pula kertas HVS atau yang sejenis atau kertas grafik)
  2. Pensil, karet penghapus, penggaris panjang atau segitiga.
  3. Pembidik (dibuat dari kertas karton/plastik atau bekas kotak korek api, yang diberi benang bersilang pada kolom pandang) dan Kompas penunjuk arah
  4. Alas dari tripleks atau plastik.

III. BENTUK/MODEL SKETSA PANORAMA

Ada beberapa macam bentuk/model Sketsa Panorama,  misalnya :

IV. CARA MEMBUAT SKETSA PANORAMA

Kolom-kolom dibuat sesuai dengan keperluan (lihat contoh di atas). Pemandangan yang akan digambar dilihat melalui pembidik dengan arah pandang tertentu (misal jika lebar pembidik 10 Cm, jarak pembidik dari mata 5 Cm, maka sudut pandangnya sebesar 900).

Bagian kertas yang akan dipakai untuk membuat sketsa (kolom gambar) juga dibuat seperti pembidik, yaitu dibagi dengan garis tipis menjadi 4 bagian sama besar.

Melalui pembidik digambar pemandangan yang tampak, seluas bidang yang tampak pada pembidik. Pada saat membuat sketsa pembidik tidak boleh dipindahkan kearah lain, agar pemandangan yang digambar tidak berubah/berbeda.

Yang digambarkan pada kertas gambar adalah garis-garis batas luar dari benda yang terlihat melalui pembidik. Setelah selesai digambar garis batas luar kemudian di arsir. Pekerjaan mengarsir di mulai dari yang dekat kemudian berturut-turut sampai yang terjauh.

Untuk benda yang paling dekat dibuat garis arsiran tebal dan hampir berimpit, makin jauh makin tipis dan makin jarang, tiap-tiap benda di arsir dengan garis yang berbeda-beda (tegak, miring, atau mendatar).

Keterangan untuk masing-masing benda di tulis di luar kolom gambar.

V. BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Membuat Sketsa Panorama bukan melukis. Yang digambarkan adalah wujud yang menyerupai bentuk aslinya, dalam hal ini hanya menggambarkan garis batas luar dari benda yang akan digambar. Meskipun demikian hasilnya diharapkan menunjukkan keindahan dari pemandangan yang digambar.
  2. Benda-benda yang mudah bergerak atau cepat berubah bentuk (misal : mobil, orang, awan, binatang) tidak digambarkan dalam Sketsa Panorama.
  3. Arsiran bisa diganti dengan pensil berwarna, benda-benda yang dekat digambar dengan warna tua, makin jauh warnanya makin muda, tetapi tetap bukan melukis.
  4. Pembuatan Sketsa Panorama merupakan bagian dari suatu perjalanan, maka waktu yang dipergunakan harus singkat, kurang dari sepuluh menit.

 Contoh Sketsa Panorama :

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PETA PERJALANAN/PETA PITA

PENDAHULUAN Peta pita adalah gambaran keadaan daerah/wilayah yang dilewati dalam suatu perjalanan yang digambar pada gulungan kertas berbentuk pita. 1. Kegunaan Kegunaan peta pita sa

20/02/2022 20:47 - Oleh Pramuka SMAN 1 Kedungwuni - Dilihat 408 kali
ARIBUT AMBALAN

  ATRIBUT DI AMBALAN Merupakan Atribut yang dipergunakan dilingkungan Golongan Penegak, antara lain: Badge Ambalan. Tanda Jabatan Pradana, Peminpin Sangga, wakil Pemimpin Sangga.

24/09/2021 10:52 - Oleh Pramuka SMAN 1 Kedungwuni - Dilihat 365 kali
LAMBANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA

    Setiap Negara mempunyai Lambang Negara menggambarkan kedaulatan, kepribadian dan kemegahan Negara itu. Dalam tahun 1950 Pemerintah Republik Indonesia membentuk suatu panit

17/09/2021 10:47 - Oleh Pramuka SMAN 1 Kedungwuni - Dilihat 392 kali
LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA

A. SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA   Setiap bangsa di dunia ini memiliki lagu kebangsaannya. Lagu kebangsaan itu bukanlah sekedar merupakan lagu untuk keindahan belaka, tetapi m

10/09/2021 10:47 - Oleh Pramuka SMAN 1 Kedungwuni - Dilihat 2060 kali
SALAM PRAMUKA

Salam (Penghormatan) wajib dilakukan bagi semua anggota Pramuka. Salam adalah suatu perwujudan dari penghargaan seseorang kepada orang lain atau dasar tata susila yang sesuai dengan ke

03/09/2021 10:46 - Oleh Pramuka SMAN 1 Kedungwuni - Dilihat 655 kali